Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan minat belajar terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional (X1), kecerdasan spiritual (X2) dan minat belajar (X3), sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman akuntansi (Y). Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas Brawijaya angkatan 2010 yang berjumlah 105 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan uji F dan uji t sebagai uji hipotesisnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional, kecerdasan spritual dan minat belajar berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman akuntansi, dan faktor minat belajar kerja memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap pemahaman akuntansi dari pada faktor kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual.