Pengaruh Nilai Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Part Indirect Toyota Auto 2000 Cabang Sutoyo Malang

Main Author: Amelia, Rizka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/107326/1/Lembar_pengesahan.pdf
http://repository.ub.ac.id/107326/2/Surat_Pernyataan.pdf
http://repository.ub.ac.id/107326/3/SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/107326/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakngi oleh ketatnya persaingan di dunia bisnis terutama di dunia otomotif. Part Indirect Toyota Auto 2000 Cabang Sutoyo Malang terus berupaya untuk mempertahankan pelanggan karena pelanggan merupakan asset besar perusahaan. Untuk mempertahankan pelanggan tersebut dapat dilakukan dengan memperhatikan nilai dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini termasuk jnis penelitian explanatory research, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh nilai dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dan untuk mengetahui apakah kepuasan merupakan variable yang paling dominan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Part Indirect Toyota Auto 2000 Cabang Sutoyo Malang dan sampel yang diambil sebanyak 89 responden. Untuk pengambilan sampel digunakan metode non probability sampling dengan purposive sampling yaitu teknik sampling yang memberi peluang tidak sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel dengan beberapa pertimbangan. Pertimbangannya adalah pelanggan yang sudah menjadi pelanggan minimal 6 bulan dan juga harus sebagai decision maker. Uji yang digunakan adalah pengujian instrument penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik yang meliputi uji multikolinearitas, uji normalitas, uji heterokedastisitas dan uji autokorelasi. Uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t, sedangkan menganalisa data digunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable nilai dan kepuasan memiliki pengaruh yang simultan dan parsial terhadap loyalitas pelanggan. Variable nilai (X1) dan variable kepuasan (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) dengan signifikansi 0,000 dan koefisien R2 sebesar 0,617 (61,7%). Secara parsial, variable nilai (X1) dan variable kepuasan (X2) menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) dengan signifikansi masing-masing variable sebesar 0,348 dan 0,561. Variable kepuasan memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap loyalitas pelanggan dengan standardized coefficients beta sebesar 0,561. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedua variabel bebas yaitu nilai dan kepuasan memiliki pengaruh yang simultan maupun parsial. Variable kepuasan (X2) merupakan variable yang memiliki pengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan Part Indirect Toyota Auto 2000 Cabang Sutoyo Malang.