Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Brand Community terhadap Loyalitas Merek Mobil Toyota Yaris di Kota Malang , baik secara simultan maupun secara parsial. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel- variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 50 responden yang diambil dari anggota resmi komunitas mobil Malang Yaris Community ( MYC ). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, disebut juga judgement sampling, yaitu tipe pemilihan sampel secara acak yang diperoleh dengan menggunakan pertimbangan tertentu, umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji F , uji t, dan uji dominan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian dengan langkah-langkah yang dijelaskan diatas diperoleh hasil bahwa berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji F (simultan) maka dapat disimpulkan secara simultan variabel – variabel Brand Community mempengaruhi loyalitas merek, kemudian hasil analisis uji t dapat disimpulkan bahwa secara parsial brand community mempengaruhi loyalitas merek .Berdasarkan hasil koefisien regresi (Standardized Coefficients Beta) masing-masing, maka dapat diketahui variabel membantu dalam penggunaan merek mempunyai pengaruh dominan terhadap loyalitas merek mobil Toyota Yaris di Kota Malang.