Analisis Persepsi Yang Mempengaruhi Pembentukan Klaster Umkm Mebel (Studi Pada Umkm Mebel Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan)

Main Author: Ramdhan, AdeHimawan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/107250/1/Skripsi.pdf
http://repository.ub.ac.id/107250/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi pelaku UMKM Mebel dalam meningkatkan daya saing UMKM dengan pendekatan klaster pada UMKM Mebel di kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan. Ruang lingkup penelitian ini berdasarkan pada diamond model yang dirumuskan oleh Porter yaitu (1) faktor input, (2) faktor permintaan (demand conditions), (3) faktor industri terkait dan pendukung (related and supporting industries), dan (4) faktor strategi, struktur, dan persaingan perusahaan (firm strategy, structure and rivalry). Selain itu, ditambahkan pula faktor modal sosial (social capital) sebagai penentu daya saing. Kelima faktor tersebut diharapkan dapat menjelaskan faktor-faktor penentu daya saing yang menumbuhkembangkan UMKM yang ada di Kecamatan Gadingrejo menjadi suatu klaster yang berdaya saing.