Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Emotional, Spiritual dan Social Intelligences secara parsial dan simultan terhadap Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan hipotetis deduktif. Sampel dari penelitian ini berjumlah 130 yang diambil dari mahasiswa tingkat akhir (angkatan 2010) Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya Malang. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah Emotional, Spiritual dan Social Intelligences secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Akuntansi. Hal ini disebabkan karena intelligence intelligence bukan menjadi faktor tunggal yang berpengaruh terhadap kesuksesan mahasiswa dalam memperoleh prestasi pada bidang akademik dan non-akdemik yang baik, tetapi terdapat beberapa faktor lainnya termasuk emotional, spiritual, dan social intelligences. Dengan adanya emotional intelligence, maka mahasiswa tersebut secara tidak langsung bisa mengendalikan diri, menyelesaikan segala sesuatu sesuai rencana dan mampu memotivasi dirinya untuk menjadi lebih baik. Selain itu, Mahasiswa Akuntansi yang memiliki spiritual intelligence diharapkan akan memiliki visi dan misi yang jelas sehingga tidak akan menunda pekerjaannya. Di samping itu, social intelligence juga memiliki pengaruh terhadap prestasi akademik yang diraih. Hal ini disebabkan karena seseorang yang memiliki social intelligence yang tinggi akan merasa nyaman walaupun berada di antara orang-orang yang memiliki latar belakang yang berbeda, baik dalam usia serta kebudayaan. Oleh karena itu, seseorang diharapkan akan mampu dengan mudah beradaptasi dengan lingkungannya sehingga akan mampu mengeluarkan potensi secara maksimal dalam hal mencapai prestasi akademik yang baik