Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Dengan Penerapan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada RSUD “Kanjuruhan” Kepanjen Kabupaten Malang)

Main Author: Anisak, LailaYulita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/107206/1/SKRIPSI_105020300111001_LAILA_YULITA_ANISAK.pdf
http://repository.ub.ac.id/107206/
ctrlnum 107206
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/107206/</relation><title>Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Dengan Penerapan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada RSUD &#x201C;Kanjuruhan&#x201D; Kepanjen Kabupaten Malang)</title><creator>Anisak, LailaYulita</creator><subject>657 Accounting</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja RSUD &#x201C;Kanjuruhan&#x201D; Kepanjen Kabupaten Malang menggunakan konsep Balanced Scorecard untuk perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif proses bisnis internal, dan juga perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan data sekunder tahun 2010 &#x2013; 2012 dan data primer untuk mengukur kepuasan pelanggan dan karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja RSUD &#x201C;Kanjuruhan&#x201D; Kepanjen Kabupaten Malang secara keseluruhan bila diukur dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard bisa dikatakan &#x201C;cukup&#x201D;. Hasil tersebut dapat dilihat pada setiap perspektif, dimana pada perspektif pelanggan yakni pada indikator kepuasan pelanggan menunjukkan hasil puas dengan jumlah sebesar 13560, pada indikator retensi pelanggan menunjukkan hasil yang fluktuatif yakni mengalami kenaikan dari tahun 2010 sebesar 44% menjadi 49% pada tahun 2011, sedangkan tahun 2012 mengalami penurunan menjadi 45%, pada indikator akuisisi pelanggan juga menunjukkan hasil yang fluktuatif yakni menurun dari 56% pada tahun 2010 menjadi 51% pada tahun 2011, sedangkan tahun 2012 mengalami kenaikan menjadi 55%. Pada perspektif keuangan untuk rasio ekonomi menunjukkan hasil yang cukup ekonomis, rasio efisiensi tahun 2010 menunjukkan hasil yang efisien, namun tahun 2011 dan 2012 menunjukkan hasil yang tidak efisien, sedangkan pada rasio efektivitas di RSUD &#x201C;Kanjuruhan&#x201D; Kepanjen Kabupaten Malang sudah bisa dikatakan efektif, hal ini terbukti dari tercapainya anggaran pendapatan yang telah dibuat. Pada perspektif proses bisnis internal (BOR, TOI, BTO, ALOS, GDR, NDR) secara keseluruhan dinilai &#x201C;cukup". Pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yakni pada indikator kepuasan karyawan menunjukkan hasil sebesar 8461 yang berarti karyawan merasa agak puas, pada indikator retensi karyawan menunjukkan hasil yang cukup, sedangkan produktivitas karyawan menunjukkan hasil yang kurang. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya persentase absensi karyawan yang tercermin dalam indikator produktivitas karyawan.</description><date>2014-06-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/107206/1/SKRIPSI_105020300111001_LAILA_YULITA_ANISAK.pdf</identifier><identifier> Anisak, LailaYulita (2014) Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Dengan Penerapan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada RSUD &#x201C;Kanjuruhan&#x201D; Kepanjen Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FE/2014/195/051403291</relation><recordID>107206</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Anisak, LailaYulita
title Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Dengan Penerapan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada RSUD “Kanjuruhan” Kepanjen Kabupaten Malang)
publishDate 2014
isbn 1050203001110
topic 657 Accounting
url http://repository.ub.ac.id/107206/1/SKRIPSI_105020300111001_LAILA_YULITA_ANISAK.pdf
http://repository.ub.ac.id/107206/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja RSUD “Kanjuruhan” Kepanjen Kabupaten Malang menggunakan konsep Balanced Scorecard untuk perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif proses bisnis internal, dan juga perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan data sekunder tahun 2010 – 2012 dan data primer untuk mengukur kepuasan pelanggan dan karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja RSUD “Kanjuruhan” Kepanjen Kabupaten Malang secara keseluruhan bila diukur dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard bisa dikatakan “cukup”. Hasil tersebut dapat dilihat pada setiap perspektif, dimana pada perspektif pelanggan yakni pada indikator kepuasan pelanggan menunjukkan hasil puas dengan jumlah sebesar 13560, pada indikator retensi pelanggan menunjukkan hasil yang fluktuatif yakni mengalami kenaikan dari tahun 2010 sebesar 44% menjadi 49% pada tahun 2011, sedangkan tahun 2012 mengalami penurunan menjadi 45%, pada indikator akuisisi pelanggan juga menunjukkan hasil yang fluktuatif yakni menurun dari 56% pada tahun 2010 menjadi 51% pada tahun 2011, sedangkan tahun 2012 mengalami kenaikan menjadi 55%. Pada perspektif keuangan untuk rasio ekonomi menunjukkan hasil yang cukup ekonomis, rasio efisiensi tahun 2010 menunjukkan hasil yang efisien, namun tahun 2011 dan 2012 menunjukkan hasil yang tidak efisien, sedangkan pada rasio efektivitas di RSUD “Kanjuruhan” Kepanjen Kabupaten Malang sudah bisa dikatakan efektif, hal ini terbukti dari tercapainya anggaran pendapatan yang telah dibuat. Pada perspektif proses bisnis internal (BOR, TOI, BTO, ALOS, GDR, NDR) secara keseluruhan dinilai “cukup". Pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yakni pada indikator kepuasan karyawan menunjukkan hasil sebesar 8461 yang berarti karyawan merasa agak puas, pada indikator retensi karyawan menunjukkan hasil yang cukup, sedangkan produktivitas karyawan menunjukkan hasil yang kurang. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya persentase absensi karyawan yang tercermin dalam indikator produktivitas karyawan.
id IOS4666.107206
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-19T04:49:02Z
last_indexed 2021-10-28T06:57:13Z
recordtype dc
_version_ 1751455562213621760
score 17.538404