Pengaruh Sikap, Kontrol Perilaku Persepsian, Pengalaman dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Internet Banking

Main Author: Hidayati, NurulAzmi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/107192/1/SKRIPSI_NURUL_AZMI_HIDAYATI.pdf
http://repository.ub.ac.id/107192/
ctrlnum 107192
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/107192/</relation><title>Pengaruh Sikap, Kontrol Perilaku Persepsian, Pengalaman dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Internet Banking</title><creator>Hidayati, NurulAzmi</creator><subject>657 Accounting</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat menggunakan layanan internet banking dengan menggunakan model The Theory Planned Behavior (TPB) yang diajukan oleh Ajzen (1991) sebagai model pengembangan dari Arini (2010) dan Kesharwani dan Bisht (2011). Penelitian ini dilakukan di Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya Malang dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini memperoleh respon sebanyak 215 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya yang minimal pernah melakukan transaksi melalui internet banking. Peneliti menggunakan software Smart PLS versi 2.0 untuk menguji data penelitian. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa sikap, kontrol perilaku persepsian, dan kepercayaan berpengaruh terhadap minat menggunakan internet banking. Sebaliknya, pengalaman tidak memiliki pengaruh terhadap minat menggunakan internet banking. Hal ini berarti bahwa minat untuk menggunakan internet banking dipengaruhi oleh sikap, kontrol perilaku persepsian, dan kepercayaan. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat membantu sektor bisnis online untuk memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat menggunakan internet banking. Selain itu, berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa aspek psikologi juga berperan dalam pengaplikasian dan perkembangan sistem teknologi informasi.</description><date>2014-06-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/107192/1/SKRIPSI_NURUL_AZMI_HIDAYATI.pdf</identifier><identifier> Hidayati, NurulAzmi (2014) Pengaruh Sikap, Kontrol Perilaku Persepsian, Pengalaman dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Internet Banking. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FE/2014/182/051403080</relation><recordID>107192</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hidayati, NurulAzmi
title Pengaruh Sikap, Kontrol Perilaku Persepsian, Pengalaman dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Internet Banking
publishDate 2014
topic 657 Accounting
url http://repository.ub.ac.id/107192/1/SKRIPSI_NURUL_AZMI_HIDAYATI.pdf
http://repository.ub.ac.id/107192/
contents Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat menggunakan layanan internet banking dengan menggunakan model The Theory Planned Behavior (TPB) yang diajukan oleh Ajzen (1991) sebagai model pengembangan dari Arini (2010) dan Kesharwani dan Bisht (2011). Penelitian ini dilakukan di Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya Malang dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini memperoleh respon sebanyak 215 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya yang minimal pernah melakukan transaksi melalui internet banking. Peneliti menggunakan software Smart PLS versi 2.0 untuk menguji data penelitian. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa sikap, kontrol perilaku persepsian, dan kepercayaan berpengaruh terhadap minat menggunakan internet banking. Sebaliknya, pengalaman tidak memiliki pengaruh terhadap minat menggunakan internet banking. Hal ini berarti bahwa minat untuk menggunakan internet banking dipengaruhi oleh sikap, kontrol perilaku persepsian, dan kepercayaan. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat membantu sektor bisnis online untuk memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat menggunakan internet banking. Selain itu, berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa aspek psikologi juga berperan dalam pengaplikasian dan perkembangan sistem teknologi informasi.
id IOS4666.107192
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-19T04:49:01Z
last_indexed 2021-10-28T06:57:13Z
recordtype dc
_version_ 1751455562604740608
score 17.538404