Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda All New Jazz Di Kota Malang
Daftar Isi:
- Citra merek dan kualitas produk merupakan bagian dari strategi pemasaran yang tepat dan terencana dalam perusahaan. Dengan semakin terkenalnya sebuah merek, maka berdampak pada presepsi dan keyakinan dari konsumen atas produk tersebut sehingga dapat membentuk sebuah citra (image). Citra merek merupakan persepsi dan keyakinan yang dilakukan oleh konsumen. Sedangkan kualitas produk dapat berperan penting dalam membentuk kepuasan konsumen, selain itu juga erat kaitannya dalam menciptakan keuntungan bagi perusahaan. Semakin berkualitas produk yang diberikan oleh perusahaan maka kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan akan semakin tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian mobil Honda All New Jazz di Kota Malang. Selain itu, populasi yang digunakan adalah pengguna atau pemilik mobil Honda All New Jazz yang terlibat langsung dalam proses pembelian mobil tersebut, sebanyak 50 responden dengan berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Roscoe, dan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan, digunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwan variabel independen yang terdiri dari citra merek dan kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sebagai variabel dependen, sedangkan variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian adalah kualitas produk.