Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya
Main Author: | Prasetyo, Didik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/107034/1/PENGARUH_KECERDASAN_EMOSIONAL_DAN_PERILAKU_BELAJAR_TERHADAP__PRESTASI_AKADEMIK__MAHASISWA_JURUSAN_AKUNTANSI_UNIVERSITAS_B~1.pdf http://repository.ub.ac.id/107034/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap prestasi akademik.Penelitian ini menggunakan metode survei yang menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner.Populasi digunakan adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya.Dengan jumlah sampel adalah 286 mahasiswa.Pengukuran kecerdasan emosional terdiri dari aspek pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan ketrampilan sosial.pengukuran perilaku belajar terdiri dari aspek kebiasaan mengikuti pelajaran, kebiasaan membaca buku, kunjungan ke perpustakaan, dan kebiasaan menghadapi ujian. Sedangkan prestasi akademik diukur dengan IPK.Dengan analisis regresi berganda, diperoleh hasil baik dari uji parsial maupun uji simultan bahwa kecerdasan emosional dan perilaku belajar berpengaruh terhadap prestasi akademik.