Inovasi Pelayanan Online Kenaikan Gaji Berkala Pada Program Sistem Informasi Manajemen Pegawai (SIMPEG) Di Kabupaten Jombang Tahun 2016-2017
Main Author: | Habibah, Umi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/10701/ |
Daftar Isi:
- Inovasi pelayanan online KGB merupakan bagian dari program SIMPEG di Kabupaten Jombang. program ini mencakup sepuluh fitur yang terintegritasi. Sedangkan penulis memilih salah satu fitur tersebut dan fokus pembahasan tentang “Inovasi Pelayanan Online KGB Pada Program SIMPEG di Kabupaten Jombang”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik dari inovasi pelayanan online KGB serta faktor yang mempengaruhi implementasi inovasi pelayanan online KGB. Menggunakan teori Everett M. Rogers dan Djamaludin Ancok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan online KGB, nyatanya dapat disebut sebagai suatu program inovasi karena mampu memenuhi karakteristik inovasi menurut Everett M. Rogers. Pertama, Memiliki keuntungan karena memudahkan masyarakat (PNS) untuk mendapatkan KGB, dan adanya pemangkasan birokrasi. Kedua, kesesuaian yakni mengacu pada PP nomor 30 Tahun 2015 tentang Peraturan Gaji PNS, sesuai dengan keinginan masyarakat karena tepat waktu. Ketiga, kerumitan, mekanisme, prosedur dan pelayanan lebih dimudahkan dengan adanya sistem. keempat, kemungkinan dicoba KGB online telah diujicoba pada tahun 2015-Maret 2016. Kelima, pelayanan online KGB telah memberikan kontribusi dan dampak positif, masyarakat dapat merasakan perbedaan pelayanan KGB manual/online. Implementasi pelayanan online KGB juga didukung oleh peran pimpinan, struktur organisasi serta semangat dari para operator dalam berjalannya keberhasilan implementasi pelayanan online KGB di Kabupaten Jombang. Namun penulis mengajukan rekomendasi sesuai dengan kekurangan yang penulis temukan dalam melakukan penelitian, yakni diadakannya pelatihan dan bimbingan khusus untuk operator serta dibuatnya pembukuan terkait pelayanan online kenaikan gaji berkala serta program SIMPEG.