PengaruhKepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kenyamanan TerhadapMinat Penggunaan SistemInternet Banking

Main Author: Tjini, SartikaSariAyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Lainnya
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/106990/1/KATA_PENGANTAR_sari.PDF
http://repository.ub.ac.id/106990/2/skripsi_sari.PDF
http://repository.ub.ac.id/106990/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang memengaruhi minat untuk menggunakan layanan internet banking dengan memodifikasi model Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis pada tahun 1989. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang dengan menggunakan metode survei. Peneliti memperoleh respon sebanyak 125 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi yang menggunakan layanan internet banking . Analisis dilakukan dengan menggunakan Software Smart PLS. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa konstruk sikap berpengaruh terhadap minat untuk menggunakan layanan internet banking, serta konstruk kepercayaan dan persepsi kenyamanan berpengaruh terhadap sikap untuk menggunakan layanan internet banking. Sebaliknya, konstruk persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan tidak berpengaruh terhadap sikap digunakannya layanan internet banking. Hal ini berarti bahwa minat untuk menggunakan layanan internet banking dipengaruhi oleh sikap, serta variabel sikap dipengaruhi oleh persepsi kepercayaan dan persepsi kenyamanan. Implikasi dari penelitian in relevan bagi pihak manajemen bank dan analis internet banking agar memperhatikan kembali faktor sikap, kepercayaan dan kenyamanan dalam menerapkan dan mengembangkan transaksi internet banking pada sistem perbankannya.