Penerimaan Sistem E-Commerce Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Risiko Dan Persepsi Manfaat

Main Author: Saraswati, Pradhita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/106980/1/skripsi.pdf
http://repository.ub.ac.id/106980/1/cover%2C_kata_pengantar%2C_daftar_isi%2C_abstrak.pdf
http://repository.ub.ac.id/106980/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat digunakannya sistem e-commerce dan pengaruhnya terhadap perilaku penggunaan sistem e-commerce . Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang dengan menggunakan metode survei. Peneliti memperoleh respon sebanyak 234 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi yang menggunakan layanan sistem e-commerce . Peneliti menggunakan Partial Least Square (PLS) untuk menguji data penelitian. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa konstruk minat berpengaruh terhadap perilaku untuk menggunakan layanan e-commerce, serta konstruk kepercayaan dan persepsi manfaat berpengaruh terhadap minat digunakannya layanan sistem e-commerce. Sedangkan konstruk persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap minat digunakannya layanan ecommerce. Hal ini berarti bahwa perilaku untuk menggunakan layanan e-commerce dipengaruhi oleh minat, serta variabel minat dipengaruhi oleh persepsi kepercayaan dan persepsi manfaat. Implikasi dari penelitian “ in relevan ” bagi pihak manajemen dan pengembang sistem agar memperhatikan kembali faktor minat, kepercayaan, dan persepsi manfaat dalam menerapkan dan mengembangkan transaksi e-commerce pada sistem jual beli.