Minat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap Penggunaan Internet Banking: Pendekatan Modified Technology Acceptance Model
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi sikap dan minat untuk menggunakan layanan internet banking dengan menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis pada tahun 1989. Penelitian ini dilakukan pada UMKM di Kota Malang. Penelitian ini memperoleh respon sebanyak 84 orang yang akan dan telah menggunakan internet banking . Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa variabel sikap berpengaruh terhadap minat untuk menggunakan layanan internet banking, serta variabel persepsi kegunaan dan persepsi keamanan Web berpengaruh terhadap sikap untuk menggunakan layanan internet banking. Sedangkan variabel persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh terhadap sikap digunakannya layanan internet banking. Hal ini berarti bahwa minat untuk menggunakan layanan internet banking dipengaruhi oleh sikap, serta variabel sikap dipengaruhi oleh persepsi kegunaan dan persepsi keamanan Web. Implikasi dari penelitian in relevan bagi pihak managemen bank dan analis internet banking agar memperhatikan kembali faktor sikap, persepsi kegunaan dan persepsi keamanan Web dalam menerapkan dan mengembangkan transaksi internet banking pada sistem perbankannya.