Pengaruh Kecerdasan Intelektual (Iq) , Emosional (Eq), Spiritual (Sq), Dan Sosial (Sosq) Terhadap Persepsi Mahasiswa Mengenai Laba Akuntansi
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan sosial, baik secara simultan maupun secara parsial terhadap persepsi mahasiswa mengenai laba akuntansi. Penelitian ini dilaksanakan di 6 kampus di kota Malang, yaitu Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki), Universitas Islam Malang (Unisma), dan Universitas Merdeka (Unmer). Metode penelitian yang digunakan ini adalah penelitian deskriptif dan explanatory yang didukung dengan metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan metode statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan sosial secara simultan berpengaruh signifikan terhadap persepsi mahasiswa mengenai laba akuntansi; dan 2) kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan sosial secara parsial berpengaruh signifikan terhadap persepsi mahasiswa mengenai laba akuntansi. Hal ini bearti semakin tinggi kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan/atau sosial yang dimiliki mahasiswa, maka mahasiswa tersebut akan semakin mempersepsikan laba akuntansi yang tidak hanya terfokus pada orientasi material saja, tetapi juga mempunyai nilai selain aspek moneter. Dengan ini, diharapkan perguruan tinggi meningkatkan kualitas kecerdasan yang dimiliki mahasiswa didiknya, agar mahasiswa tidak hanya memiliki konsep pemikiran mengenai laba akuntansi yang bersifat materialitis saja, tetapi juga konsep sosial dan lingkungan, sebagai aspek yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas operasional perusahaan.