Determinan Permintaan Jasa Transportasi Online Gojek (Layanan Go-Ride) (Studi Kasus di Kota Administrasi Jakarta Pusat)
Main Author: | Andaru, Dimas |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/10678/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan ekonomi digital di Indonesia mengakibatkan beberapa kegiatan di sektor ekonomi mengalami perubahan. Pada satu sisi, perubahan ekonomi akan memberikan peluang bagi beberapa jenis industri baru ,seperti halnya jasa transportasi online Go-Jek. Disisi lain, hal tersebut memberikan dampak yang kurang menguntungkan bagi industri yang telah lebih dulu ada, seperti halnya jasa transportasi konvensional jenis angkutan kota (angkot). Pertumbuhan persentase jumlah permintaan layanan Go-Jek terus meningkat secara signifikan, hingga mencapai 20 juta pemesanan per Juni 2016. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi layanan jasa Go-Jek khususnya layanan Go-Ride, serta untuk melihat faktor-faktor apa saja yang berpengaruh secara dominan. Analisis yang dilakukan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel yang telah ditentukan. Pada hasil penelitian ini, terdapat hubungan positif untuk variabel pendapatan, tarif/biaya moda lain, kepuasan pelayanan, dan jumlah anggota keluarga terhadap permintaan jasa Go-Jek. Sedangkan, untuk variabel tarif/biaya Go-Jek, kepemilikan kendaraan roda 2, dan kepemilikan kendaraan roda 4 memiliki hubungan negatif terhadap permintaan jasa Go-Jek. Keseluruhan variabel bebas dalam model ini memilki pengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap permintaan jasa Go-Jek.