Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji determinan minat individu untuk menggunakan mobile banking . Faktor-faktor yang memengaruhi minat individu untuk menggunakan mobile banking dalam penelitian ini adalah persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, sikap, norma subjektif, kontrol perilaku persepsian. Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian sebelumnya yang juga menggunakan model kombinasi TAM dan TPB dalam pengembangannya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey dengan menyebarkan sejumlah 300 kuisioner. Responden yang menjadi objek penelitian ini adalah masyarakat kota Malang yang menggunakan fasilitas mobile banking dari Bank Mandiri Tbk dan BCA Tbk. Sejumlah 109 kuisioner telah diterima kembali dan dapat digunakan serta dapat diolah menggunakan software SmartPLS versi 2.0 M3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan memengaruhi sikap individu menggunakan mobile banking . Sikap dan norma subjektif memengaruhi minat individu menggunakan mobile banking , kontrol perilaku persepsian tidak memengaruhi individu terhadap minat individu menggunakan mobile banking . Implikasi dari penelitian ini relevan bagi lembaga perbankan untuk memperhatikan faktor-faktor yang memengaruhi minat individu untuk menggunakan mobile banking dalam mengembangkan sistem informasinya.