Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh empat variabel yang terdiri dari kepercayaan, komitmen, komunikasi, dan keuntungan bersama (mutual benefit) terhadap loyalitas nasabah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory dimana penelitian ini adalah penelitian penjelasan untuk menggambarkan hubungan antar variabel terhadap loyalitas nasabah. Analisa yang digunakan adalah analisa kuantitatif dengan model statistik dan ekonometrik. Data yang dianalisa berasal dari 100 responden yang diambil dari jumlah keseluruhan nasabah per Mei 2013 sebesar 45.901 orang. Berdasarkan hasil analisis data melalui regresi linier berganda diketahui bahwa empat variabel yang terdiri dari kepercayaan, komitmen, komunikasi, dan mutual benefit secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Dari keempat variabel bebas, variabel keuntungan bersama (mutual benefit) mempunyai pengaruh dominan terhadap loyalitas nasabah sedangkan ketiga variabel lainnya yaitu kepercayaan, komitmen, dan komunikasi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah. Dari hasil yang didapat diketahui bahwa mutual benefit berpengaruh sangat besar terhadap loyalitas nasabah. Maka tingkat keuntungan bersama antara nasabah dan bank harus selalu diperhatikan dan dijaga ketepatannya meliputi suku bunga yang diterima, dan berbagai program undian berhadiah terhadap nasabah.