Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengambil judul tentang pengaruh brand image terhadap keputusan konsumen menjadi nasabah Bank BRI KCP Unibraw Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image yang terdiri dari variabel yaitu citra pembuat, citra pemakai dan citra produk terhadap keputusan konsumen menjadi nasabah Bank BRI KCP Unibraw Malang secara simultan, parsial dan juga untuk mengetahui dari ketiga variabel brand image yang berpengaruh dominan. Jenis penelitian ini adalah eksplanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Penelitian ini mengambil lokasi pada nasabah Bank BRI KCP Unibraw Malang. Sampel penelitian ini adalah 80 responden dari nasabah Bank BRI KCP Unibraw Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Convenience sampling atau Accidental Sampling yaitu peneliti memiliki kebebasan memilih responden yang mereka temui untuk diteliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu dengan wawancara dan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Data dari jawaban responden dianalisis menggunakan analisis berganda, uji-t, uji-F dan koefisien determinasi. Hasil pengujian regresi linear berganda menunjukkan bahwa dengan uji F diperoleh bahwa variabel dimensi brand image (X) secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh terhadap keputusan konsumen (Y). Sedangkan pada pengujian dengan uji t dapat diketahui bahwa variabel citra pemakai dan citra produk, secara parsial berpengaruh signifikan, sedangkan variabel citra pembuat tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen menjadi nasabah bank BRI KCP Unibraw Malang. Dari hasil analisis, diketahui bahwa variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen yaitu variabel citra produk (X3). Berdasarkan penelitian ini, diketahui variabel keputusan konsumen (Y) dijelaskan oleh variabel brand image (X) sebesar 28,6%, sedangkan sisanya sebesar 71,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variael bebas yang diteliti.