Karakteristik Psikometrik “The Ethnic Experience Scale” Berdasarkan Pendekatan Classical Test Theory dan Item Response Theory

Main Author: Musyahadah, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/10664/
Daftar Isi:
  • Selama lebih dari 20 dekade, Classical Test Theory (CTT) menjadi aliran utama dalam pengembangan alat ukur. Fokus utama CTT yang menganalisis alat ukur pada level tes membuat munculnya aliran baru yang bernama Item Response Theory (IRT) yang berfokus pada level aitem, sehingga diharapkan dapat menutupi kekurangan pada CTT. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat karakteristik psikometrik skala ethnic experience berdasarkan dua pendekatan dalam pengembangan alat ukur, yaitu CTT dan IRT. Model yang dipilih pada pendekatan IRT adalah Graded Response Model (GRM). Skala ethnic experience yang digunakan masih berupa bahasa inggris, sehingga diperlukan adanya proses transadaptasi. Skala ini terdiri dari 32 aitem dengan pilihan respons berupa likert. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif psikometrik dengan menganalisis alat ukur skala ethnic experience dengan masing-masing pendekatan. Pada CTT, teknik analisis yang digunakan adalah corrected item total correlation dan Cronbach alpha, sedangkan pada IRT, teknik analisis yang digunakan adalah GRM dan Information Function. Sampel dalam penelitian ini adalah santri pondok pesantren Al-Falah Kediri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa IRT dapat memberikan informasi yang lebih beragam karena analisanya yang lebih spesifik.