Komunikasi Instruksional Guru Non Pendidikan Luar Biasa (non PLB) dalam Mengajar Siswa di Sekolah Luar Biasa (Studi Fenomenologi pada SLB Pelangi LombokCare)
Main Author: | Sari, Juwidia Pranita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/10662/ |
Daftar Isi:
- Difabel merupakan perbedaan kondisi fisik dan mental yang menyebabkan adanya keterbatasan yang dialami para difabel terutama siswa difabel. Hal ini mendorong pentingnya pendidikan dengan adanya komunikasi instruksional antara guru kualifikasi khusus yaitu background lulusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) dengan siswa difabel yang khusus tersedia di Sekolah Luar Biasa (SLB). Namun, kenyataannya di lapangan terdapat guru-guru SLB yang belum sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki menyebabkan kemampuan guru terbatas dalam proses komunikasi instruksional terutama saat berkomunikasi dengan siswa difabel pertama kali. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses komunikasi instruksional berdasarkan pengalaman guru dengan background non PLB. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Penelitian dilakukan di SLB Pelangi LombokCare dengan 6 orang wali kelas yang memiliki background pendidikan non PLB. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya hambatan dalam komunikasi instruksional yang muncul dari sisi guru dengan siswa difabel yang berpengaruh pada metode proses komunikasi instruksional yang tidak menggunakan bahasa isyarat ketika sulit berkomunikasi dengan siswa difabel. Namun strategi komunikasi yang digunakan adalah metode komunikasi oral, komunikasi total yaitu pengunakaan nada suara yang keras dan jelas disertai komunikasi nonverbal, komunikasi personal dan metode bercerita yang memanfaatkan beberapa media yang sesuai dengan keadaan siswa difabel. Penyampaian pesan dalam proses komunikasi instruksional yaitu pelatihan bina diri, pemberian meteri akademik dan pesan moral.