Daftar Isi:
  • RSUD Prof. Dr. Soekandar adalah rumah sakit milik pemerintah yang tujuan utamanya adalah memberikan fungsi sosial dalam pelayanan kesehatan bagi masyrakat. Sebagai salah satu instansi pemerintah, RSUD Prof. Dr. Soekandar harus mampu menyediakan pengukuran kinerja baik secara finansial maupun non-finansial kepada pemerintah daerah dan masyarakat sebagai pengguna jasa. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengukuran kinerja yang mengukur aspek non-finansial daripada hanya mengukur aspek finansial saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja RSUD Prof. Dr. Soekandar dengan mengacu pada empat perspektif dari balanced scorecard, yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses internal bisnis, dan perspektif pembelajaran & pertumbuhan. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil data selama tiga tahun, yaitu tahun 2009 sampai tahun 2011. Analisis komparatif digunakan dalam penelitian ini untuk mengevaluasi kinerja RSUD Prof. Dr. Soekandar antar periode. Sementara itu, untuk menganalisis perspektif pelanggan dan perspektif pembelajaran & pertumbuhan, peneliti menggunakan hasil kalkulasi dari kuisioner yang telah didistribusikan kepada pelanggan (pasien) dan karyawan RSUD Prof. Dr. Soekandar. Dari hasil pengukuran kinerja rumah sakit secara keseluruhan menunjukkan bahwa kinerja RSUD Prof. Dr. Soekandar sudah cukup baik dilihat dari keempat perspektif dari balanced scorecard.