Perumusan Strategi Bisnis Pada My Green Laundry Malang
Main Author: | Kho, Hendry Khoeswandy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/10651/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Perumusan Strategi Bisnis pada My Green Laundry. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif (deskriptif). Pada penelitian ini digambarkan keadaan lingkungan internal dan eksternal, Data-data yang terkumpul dianalisis untuk mengetahui peranan five force strategy Porter, analisis EFE dan IFE dan analisis SWOT, matriks IE, dan matriks QSPM pada perusahaan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya ancaman dari produk pengganti, ancaman besar bagi para bisnis bidang usaha laundry sehingga perlu strategi dalam mengantisipasinya. Kekuatan tawar menawar pemasok tidak begitu berpengaruh pada usaha laundry. Adanya kekuatan tawar menawar konsumen memegang kekuatan penting agar perusahaan meningkatkan kualitas pelayanannya. Faktor kekuatan internal perusahaan My Green Laundry adalah mengutamakan kualitas, mencuci sesuai dengan permintaan konsumen, Pelayanan antar gratis dan jam buka yang lebih pagi dan tutup paling malam. Sedangkan kelemahan internal pada perusahaan ini adalah harga lebih mahal, kegiatan promosi kurang maksimal, tidak memiliki website dan karyawan masih rangkap tugas sehingga kurang fokus dalam satu pekerjaan. Alternatif strategi yang layak dilakukan berdasarkan matriks QSPM adalah penetrasi pasar.