Pengaruh Implementasi Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Mitra Binaan Sub Unit Community Development Center PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Kandatel Malang yang Be
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi relationship marketing , yang terdiri dari: (1) kebenaran, (2) komitmen, (3) komunikasi, dan (4) keuntungan bersama terhadap kepuasan mitra binaan pada Sub Unit Community Development Center PT. Telkom Kandatel Malang baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini termasuk dalam penelitian explanatory research yang menjelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel yang telah ditetapkan dengan menggunakan sampel sebanyak 50 orang mitra binaan CDC Telkom Malang. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling . Teknik ini dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan uji F dan t. Untuk menganalisa data yang digunakan, memakai uji regresi linier berganda dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskesdastisitas. Hasil penelitian regresi menunjukkan bahwa secara simultan variabel kebenaran (X 1 ), komitmen (X 2 ), komunikasi (X 3 ), dan keuntungan bersama (X 4 ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mitra binaan dengan signifikansi 0,000 dan F hitung sebesar 26,621 Sedangkan secara parsial, variabel kebenaran (X 1 ), komitmen (X 2 ), dan keuntungan bersama (X 4 ) menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mitra binaan dengan signifikansi masing-masing 0,034; 0,047; dan 0,024. Sedangkan variabel komunikasi (X 3 ) kurang berpengaruh secara signifikan dengan nilai signifikansi 0,051. Variabel yang paling dominan terhadap kepuasan mitra binaan yaitu variabel kebenaran (X 1 ) dengan nilai koefisien beta sebesar 0,527. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa keempat variabel yaitu, kebenaran, komitmen, komunikasi, dan keuntungan bersama secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mitra binaan CDC Telkom Malang, namun tidak seluruhnya secara parsial. Variabel kebenaran (X 1 ) merupakan variabel yang paling dominan terhadap kepuasan mitra binaan CDC Telkom Malang.