Survai Kepuasan Pelanggan Pdam Kabupaten Malang (Studi Pada Pdam Unit Karang Ploso)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di PDAM Unit Karang Ploso, Kabupaten Malang dengan tujuan Untuk mengetahui tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan PDAM Unit Karang Ploso Kabupaten Malang atas layanan yang diberikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan survai melalui pendekatan kuantitatif, Jumlah responden yang ditentukan sebanyak 292 responden, jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu 5 % dari pelanggan Unit Karang Ploso PDAM Kabupaten Malang yang berdasarkan oleh peraturan yang dibuat oleh PDAM Kabupaten Malang. Penentuan sampel menggunakan Stratified Random Sampling , yaitu pemilihan sampel secara acak dapat dilakukan terlebih dahulu mengklasifikasikan suatu populasi ke dalam sub-populasi berdasarkan karakteristik tertentu dari elemen-elemen populasi (misal, berdasarkan jenis pelanggan) cara pemilihan ini disebut juga dengan metode pemilihan sampel berdasarkan strata. Data penelitian diambil dengan teknik kuisioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, Alat bantu yang dibutuhkan untuk mengolah data statistik frekuensi dan prosentase, menggunakan bantuan computer dengan software program SPSS for Windows versi 17 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggan PDAM Unit Karang Ploso secara keseluruhan tingkat kepuasan pelanggan (Teknis & non Teknis) dan loyalitas pelanggan PDAM Unit Karang Ploso, Kabupaten Malang terhadap layanan yang diberikan kepada pelanggan selama ini telah mencapai hasil yang memuaskan, baik dari segi kualitas air, kuantitas air, dan faktor lainya termasuk loyalitas pelanggan hal itu dapat dilihat dari responden telah merasa sangat puas dari faktor teknis dan non teknis akan tetapi PDAM Unit Karang ploso, Kabupaten Malang masih perlu meningkatkan layanan kepada pelanggan, karena di beberapa tingkat kepuasan dan beberapa aspek penilaian masih ada yang mendapatkan nilai kurang memuaskan yang mengindikasikan bahwa layanan yang diberikan belum mampu memuaskan sebagian besar dari pelanggan.