Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasari oleh sangat pentingnya manajemen strategi bagi perusahaan dan bertujuan untuk merumuskan strategi yang tepat dalam menghadapi persaingan bisnis dengan perusahaan retail lainnya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Oleh karena itu yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggambarkan dan juga menjelaskan kondisi internal dan eksternal perusahaan yang mempengaruhi manajemen strategi perusahaan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Matriks SWOT, Matriks Internal-External (IE), Matriks QSPM. Dari matriks IE diketahui posisi perusahaan berada pada sel I yang dapat digambarkan sebagai growth dan build dengan strateginya adalah strategi intensif , terdiri dari strategi penetrasi pasar dan strategi pengembangan pasar . Dan kemudian dari matriks SWOT diperoleh beberapa alternatif strategi yang dapat diterapkan pada perusahaan salah satunya strategi SO (Strengths Opportunity) terdiri dari strategi intensif dan strategi integrasi . Hasil analisis terakhir yaitu dengan menggunakan matriks QSPM, diketahui bahwa strategi yang tepat untuk diterapkan pada perusahaan adalah Strategi Intensif seperti Market Penetration , Market Development , dan Product Development .