Pemaknaan Penonton Reguler Televisi Lokal di Malang atas Konten Iklan Agropolitan Televisi dan Batu Televisi

Main Author: Bagaskara, Fiqi Diargo
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/10641/
Daftar Isi:
  • Hadirnya televisi swasta lokal menambah keanekaragaman konten bagi penonton dengan kelebihan tersendiri dibandingkan televisi swasta nasional, yaitu melalui kedekatan informasi berita dengan masyarakat setempat yang menjadi penonton (Proximity). Salah satu keanekaragaman konten tersebut adalah konten tayangan iklannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemaknaan penonton televisi atas tayangan iklan di Agropolitan TV dan Batu TV. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan dengan dua kelompok peserta yang berbeda. FGD dinilai lebih efisien dan memungkinkan para partisipan untuk saling berbagi persepsinya sehingga dapat diperoleh pemaknaan tentang konten iklan yang ditayangkan antara Agropolitan TV dan Batu TV. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hampir semua peserta FGD merasa kurang tertarik dengan tayangan iklan di ATV dan Batu TV. Daya saing televisi lokal dinilai rendah karena menurut peserta FGD iklannya kurang menarik. Faktor-faktor yang menyebabkan tayangan iklan televisi swasta lokal seperti ATV dan Batu TV kurang menarik antara lain karena faktor pendanaan atau budget serta faktor Sumber daya manusianya.