Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian di bidang manajemen strategi yang membahas tentang strategi perusahaan untuk menghadapi persaingan dan mencapai keunggulan kompetitif. Obyek penelitian yang dipilih adalah Hotel Helios. Hotel Helios merupakan perusahaan yang bergerak di bidang akomodasi perhotelan. Persaingan usaha jasa akomodasi di Kota Malang yang semakin ketat saat ini menyebabkan perlunya dilakukan analisis lingkungan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan juga ancaman yang dihadapi oleh Hotel Helios serta mengetahui penerapan rencana strategis yang didasarkan pada analisis kerangka kerja empat langkah dan konsep ruang pasar baru pada Hotel Helios. Analisis dilakukan melalui penilaian eksternal pada kekutan ekonomi, kekuatan sosial, budaya, dan demografis, kekuatan pemerintahan dan hukum, kekuatan teknologi. Selain itu dilakukan penilaian internal yang meliputi manajemen, pemasaran, keuangan, dan produksi/operasi. Faktor-faktor internal dan eksternal tersebut dianalisis melalui Matriks SWOT kemudian digambarkan dalam kanvas strategi. Penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui penggabungan metode pengumpulan data, yakni wawancara kepada pihak manajemen Hotel Helios dan dokumentasi beberapa artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rencana strategis pengembangan Hotel Helios dilakukan dengan langkah menghapus pemikiran meningkatkan kelas hotel akan meraih lebih banyak konsumen jasa. Kemudian mengurangi penyediaan peralatan dan fasilitas hotel yang tidak membawa manfaat serta mengurangi turnover karyawan. Upaya peningkatan Hotel Helios dalam peningkatan kerjasama dengan berbagai pihak eksternal, peningkatan system informasi, dan pelayanan promo khusus bagi tamu. Hasil dari kerangka kerja ini bahwa Hotel Helios mampu menciptakan konsep hotel- travel yang membentuk diferensiasi sekaligus berbiaya rendah sesuai hakekat pendekatan Blue Ocean Strategy .