Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Pengaruh Sosial, Kondisi Fasilitas, Dan Nilai Harga Terhadap Minat Perilaku Wajib Pajak Dalam Menggunakan E-Filing Di Malang Raya
Main Author: | Sella, Yuliarta Kurnia Pramai |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/10638/ |
Daftar Isi:
- E-Filing adalah suatu cara penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, pengaruh sosial, kondisi fasilitas, dan nilai harga terhadap minat perilaku Wajib Pajak dalam menggunakan e-filing di Malang Raya. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel independen, yaitu persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, pengaruh sosial, kondisi fasilitas, dan nilai harga. Sedangkan variabel dependennya yaitu minat perilaku Wajib Pajak dalam menggunakan e-filing di Malang Raya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian yaitu di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Malang Raya dengan populasi penelitian Wajib Pajak Orang Pribadi pengguna efiling yang terdaftar di KPP Malang Raya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuisioner. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan sampel sebanyak 257 Wajib Pajak melalui teknik accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, pengaruh sosial, kondisi fasilitas, dan nilai harga berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat perilaku Wajib Pajak dalam menggunakan e-filing di Malang Raya.