Analisis Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Terhadap Partisipasi Individu Pengguna E-Commerce (Studi Pada Individu Pengguna Internet Pada Forum Online Kaskus)

Main Author: Rasoki, Iqbal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/106379/1/051205668.pdf
http://repository.ub.ac.id/106379/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dimensi kepercayaan terhadap partisipasi individu penggun e-commerce . Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada pengguna internet khususnya individu yang terdaftar pada forum online Kaskus. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik yang dipakai untuk menguji data penelitian adalah model struktural dengan software smart PLS. Konstruk yang digunakan dalam penelitian ini adalah kemampuan ( ability ), kebaikan hati ( benevolence ), integritas ( integrity ), komunikasi ( communication ), kepercayaan ( trust ), dan partisipasi ( participation ). Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa secara simultan, konstruk kebaikan hati ( benevolence ) dan integritas ( integrity ) berpengaruh terhadap partisipasi ( participation ) melalui kepercayaan ( trust ). Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa konstruk kemampuan ( ability ) dan kepercayaan ( trust ) yang berpengaruh terhadap partisipasi ( participation ). Implikasi dari penelitian ini relevan bagi sektor bisnis online untuk memperhatikan dimensi pembentuk kepercayaan dalam memengaruhi partisipasi individu pengguna e-commerce .