Daftar Isi:
  • Secara umum peranan sektor usaha kecil sebagai suatu komponen yang penting dalam perekonomian bangsa mempunyai nilai strategis yang dapat memberikan sumbangan besar, apabila dilihat dari struktur ekonomi bangsa Indonesia tergolong sebagai Negara yang mengalami masa transisi, yaitu peralihan dari struktur ekonomi agraris menjadi struktur ekonomi industrialis. Salah satu usaha kecil dan menengah yang banyak digemari di Malang adalah martabak. Salah satu Pengusaha martabak di malang adalah bapak Ainur Rofiq yang telah berpengalaman dalam bidang kuliner khususnya martabak dengan nama usaha Raja Martabak Lawang. Untuk mengetahui dan menganalisis mengenai keunggulan bersaing dalam penerapan strategi pemasaran yang dilakukan oleh usaha Raja Martabak Lawang dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada usaha Raja Martabak Lawang yang beralamat di jl. Raya Thamrin Lawang serta cabang yang berada di Bedali dan Singosari. pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling dengan cara menentukan key person Bungin yang sarat informasi sesuai dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan alur model interaktif. Menggunakan pengecekan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang saat ini sedang digunakan oleh usaha Raja Martabak masih bersifat normatif, maka pemilik usaha sebaiknya berupaya untuk membuat strategi pemasaran yang unik dan berbeda.