Inovasi Program Gampil (Gesit, Aktif, Merakyatnya Dispendukcapil) Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang, Kelurahan Purwantoro dan Kelurahan Klojen Kota Malang)
Main Author: | Aulia, Nur Fauziah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/10635/3/BAB%20II.pdf http://repository.ub.ac.id/10635/4/BAB%20III.pdf http://repository.ub.ac.id/10635/ |
Daftar Isi:
- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang Kota Malang membuat inovasi GAMPIL yang bertujuan memudahkan pelayanan masyarakat berupa pengurusan dokumen kependudukan. Pelaksanakan inovasi GAMPIL juga bertujuan meningkatkan pelayanan di Kelurahan Purwantoro dan Klojen Kota Malang. Teori dan konsep yang digunakan adalah inovasi sektor publik dan pelayanan publik. penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi GAMPIL dan menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan inovasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Situs penelitian dilakukan di Dispendukcapil Kota Malang, Kelurahan Purwantoro dan Kelurahan Klojen. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Model Interaktif Miles, Huberman, dan Saldana (2014). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat menggambarkan bahwa Kelurahan Purwantoro dan Kelurahan Klojen telah melaksanakan inovasi GAMPIL Dispendukcapil Kota Malang. Pelayanan inovasi GAMPIL belum berjalan optimal mulai dari prosedur, persyaratan, waktu penyelesaian dan biaya pelayanan. Faktor pendukung inovasi berupa sarana alat tulis dan perangkat komputer yang diberikan Dispendukcapil di Kelurahan. Sedangkan faktor penghambat inovasi di Kelurahan kurangnya prasarana ruang tunggu dan inovasi GAMPIL hanya menangani 4 (empat) dokumen kependudukan. Kualitas pelayanan inovasi GAMPIL dikatakan baik dengan didukung data Indeks Kepuasan Masyarakat dan hasil wawancara kepada masyarakat. Dalam penelitian, ini peneliti memberikan saran yaitu perlu ditingkatkannya pelayanan berupa sarana dan prasarana, memberikan sosialisasi rutin kepada masyarakat, membuat peraturan mengenai pelaksanaan inovasi GAMPIL agar tercapainya pelayanan dengan kualitas yang baik.