Pengaruh Brand Image & Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian Smartphone BlackBerry" (Studi Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya)
Main Author: | Saputra, HengkiPermana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/106331/1/051204638.pdf http://repository.ub.ac.id/106331/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel Brand Image dan Brand Equity secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian smartphone BlackBerry. variabel dari Brand Image terdiri dari citra pembuat, citra pemakai dan citra produk sedangkan variabel Brand Equity terdiri dari kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek dan Aset Merek Lainnya. Penelitian ini termasuk jenis explanatory research. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini menjelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel yang sudah diteteapkan. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Universitas Brawijaya dengan sampel 90 responden. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel terikat (Brand Image & Brand Equity) terhadap variabel bebas (keputusan pembelian) digunakan analisis regresi linier berganda, analisa uji t dan uji F. Demi memperoleh hasil regresi yang baik, maka sebelum dilakukan uji regresi, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh simultan dari variabelvariabel brand image dan brand equity yang ditunjukkan pada hasil Sig. F adalah 0,000, sedangkan pengaruh secara parsial ditunjukan dengan variabel citra pembuat (X 1 ) Sig. t = 0,036, variabel citra pemakai (X 2 ) Sig. t = 0,042, variabel citra produk (X 3 ) Sig. t = 0,033, variabel kesadaran merek (X 4 ) Sig. t = 0,021, variabel persepsi kualitas (X 5 ) Sig. t = 0,004, variabel asosiasi merek (X 6 ) Sig. = 0,007,variabel loyalitas merek (X 7 ) Sig. t = 0,032, dan variabel aset merek lainnya (X 8 ) Sig. t = 0,035. Dan juga nilai koofesien determinasi (R 2 ) sebesar 0,713 inya, bahwa kemampuan model regresi dalam memprediksi nilai variabel adalah sebesar 71,3 % sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel bebas yang diteliti. Pada Standardized Coeficient Beta nilai paling tinggi adalah Asosiasi Merek (X 6 ) sebesar 0,271, ini menunjukan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada penelitian ini.