Penerapan “Sun Tzu” Sebagai Manajemen Strategik Pada Rumah Makan Saboten Shokudo Malang

Main Author: Triyoso, Wisnu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/106270/1/WISNU_TRIYOSO_%280510220240%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/106270/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konsep strategi bisnis Sun Tzu pada Rumah Makan Saboten Shokudo Malang, dengan menggunakan proses Manajemen Strategik, yaitu penetapan visi, misi, dan tujuan, analisis lingkungan eksternal dan internal, formulasi strategi, implementasi strategi, dan evaluasi. Konsep stategi bisnis Sun Tzu terdiri dari 50 aturan-aturan strategis yang dirangkum dalam 13 bab, yang diadaptasi dari Seni Perang Sun Tzu (SunTzu’s the Art of War) Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif (descriptive research) dengan pendekatan penelitian eksploratif. Data diperoleh berdasarkan wawancara kepada pihak manajemen Saboten Shokudo (internal) dan melalui internet, buku dan artikel (eksternal), sedangkan metode pengumpulan datanya adalah case study. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada proses manajemen strategik mengandung konsep strategi bisnis Sun Tzu, dan penerapan pada rumah makan saboten shokudo proses manajemen strategiknya sesuai dengan konsep Sun Tzu. Dengan hasil penelitian ini diharapkan kedepannya Saboten Shokudo dapat memahami tentang posisinya dan semakin berkembang bukan hanya di kota malang, akan tetapi secara nasional maupun internasional, hal ini sesuai dengan visi Saboten Shokudo “Menjadi rumah makan Jepang moderen yang unggul, terkemuka dan Mengglobal”.