Analisis Perumusan Strategi Pada Ria Djenaka coffee house & resto Malang

Main Author: Putra, HafilDevrilioPratama
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/106268/1/BAB_1_-_5.pdf
http://repository.ub.ac.id/106268/
Daftar Isi:
  • Bisnis kuliner terutama bisnis coffee shop atau kafe di Kota Malang dari tahun ke tahun tumbuh begitu pesat. Dengan semakin pesatnya pertumbuhan tersebut, secara otomatis juga diikuti dengan ketatnya persaingan di bisnis kafe tersebut. Dalam hal ini Ria Djenaka coffee house & resto sebagai salah satu usaha kafe di kota Malang harus dapat menyusun strategi yang sesuai agar dapat merebut pangsa pasar yang diinginkan. Penelitian ini bersifat deskriptif dimana menggambarkan kondisi lingkungan perusahaan baik internal maupun eksternal serta bertjuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh Ria Djenaka coffee house & resto untuk kemudian dapat ditentukan strategi yang tepat bagi perusahaan dalam upaya mengembangkan usahanya. Hingga kemudian dari penelitian ini, peneliti berharap perusahaan dapat mengambil langkah strategis yang tepat dan dapat diimplementasikan oleh perusahaan. Untuk dapat menentukan strategi yang tepat bagi Ria Djenaka coffee house & resto, maka ada tiga proses atau tahapan yang harus dilakukan yaitu: input stage, matching stage, dan decision stage. Input stage adalah tahap awal dimana dilakukan analisisi lingkungan eksternal dan internal pada perusahaan. Alat analisis yang digunakan pada tahap ini adalah analisis EFAS (External Factor Analysis Strategic) dan IFAS (Internal Factor Analysis Strategic). Kemudian data tersebut diolah pada tahap matching stage dengan menggunakan analisis SWOT (Strength – Weakness – Opportunity – Threats) dan analisis IE (Internal – External). Setelah itu kemudian dilanjutkan dengan tahap keputusan atau decision stage dimana dengan menggunakan analisis QSPM (Quantitatife Strategic Planning Matrix) dimana dari analisis tersebut dihasilkan strategi yang sesuai dengan perusahaan adalah strategi penetrasi pasar (market penetration).