Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pocari Sweat (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang)

Main Author: Putra, AbadKartikaDwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/106264/1/Skripsi_Abad_Kartika.pdf
http://repository.ub.ac.id/106264/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengambil judul tentang Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pocari Sweat (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan tempat terhadap keputusan pembelian minuman isotonik merek secara simultan dan parsial, dan juga untuk mengetahui dari keempat variabel bauran pemasaran yang berpengaruh dominan. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory dengan sampel sebanyak 100 responden menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS 16.0 for windows. Sebelum dilakukan uji regresi dilakukan terlebih dahulu uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolonieritas, dan uji heteroskedatisitas. Hasil analisa menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran memiliki pengaruh secara simultan, F hitung sebesar 11,175 dengan signifikansi (0,000<a) dan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian minuman isotonik Pocari Sweat. Diketahui bahwa variabel produk memiliki pengaruh dominan dibandingkan variabel bebas yang lain dengan tingkat signifikansi 0,000 dengan nilai koefisien beta 0,350. Selain itu, secara keseluruhan variabel bebas yaitu produk, harga, promosi dan distribusi memiliki kontribusi terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian sebesar 29,1%. Sisanya dijabarkan oleh variabel lain di luar dari empat variabel bebas yang telah diteliti. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa keempat variabel bebas yaitu produk, harga, promosi dan tempat memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian minuman isotonik Pocari Sweat pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang baik secara simultan maupun parsial dan variabel produk merupakan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian minuman isotonik Pocari Sweat pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.