Analisis Lingkungan Sebagai Dasar Perumusan Strategi Dalam Menghadapi Perubahan Lingkungan Bisnis Studi Pada Rumah Produksi Ke- 2 Ukm Cireng Bandung Isi Di Jakarta

Main Author: Setiyawan, Adi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/106250/1/kumpulan_Softcopy_skripsi.pdf
http://repository.ub.ac.id/106250/
Daftar Isi:
  • Perkembangan ekonomi di negara ini sangat pesat hal ini tidak luput dari peran serta perkembangan ukm yang membantu dalam meningkatkan perekonomian baik dari segi pendapatan negara maupun dalam mengurangi jumlah pengangguran. Oleh karena itu untuk mengembangkan ukm supaya tetap berjalan sesuai dengan harapan perlu dukungan baik secara finansial dari pemerintah maupun dari segi sistem pengelolahan ukm. Sitem ini meliputi perumusan strategi yang nantinya akan menghasilkan strategi yang efektif dan efisien. Penyusunan skripsi ini bertujuan untuk merumuskan strategi yang tepat bagi usaha UKM Cireng Bandung Isi (CBI) dalam upaya menghadapi tantangan dalam pesaingan bisnis dan untuk memperluas usaha yang diyakini pangsa pasar yang masih luas dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan bisnis yang selalu berubah. Analisis yang digunakan meliputi kondisi lingkungan bisnis baik kekuatan dan kelemahan usaha maupun peluang dan ancaman, adapun alat analisis yang digunakan meliputi analsis IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (Eksternal Factor Evaluation), SWOT (Strenght Weakness Opportunities Threath), dari alat analisis yang digunakan maka akan diketahui alternatif strategi yang dapat dipilih oleh perusahaan. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan maka diperoleh hasil bahwa strategi yang dapat dipilih oleh UKM Cireng Bandung Isi adalah strategi differensiasi. Strategi differensiasi adalah sebuah strategi dengan menciptakan produk dengan keunikan berbeda dari produk yang dihasilkan sebelumnya oleh para pesaing. Strategi differensiasi diharapkan dapat digunakan untuk menghadapi kondisi lingkungan bisnis UKM Cireng Bandung Isi dan mampu bersaing dengan para pesaing.