Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi
Main Author: | Agustina, Ahadiyanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/106229/ |
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk menguji apakah kecerdasan emosional yang terdiri dari lima komponen yaitu kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui adanya peran kepercayaan diri sebagai variabel moderating mempengaruhi kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Selain itu juga penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya perbedaan kecerdasan emosional antara mahasiswa yang memiliki kepercayaan diri yang kuat dengan mahasiswa yang memiliki kepercayaan tinggi lemah. Alat ukur untuk mengukur tingkat pemahaman akuntansi adalah nilai rata-rata akuntansi PA1, PA2, AKM1, AKM2, AKL, audit1, audit2, dan TA. Analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana, MRA, dan uji T. Hasil analisis menyatakan bahwa kecerdasan emosional hanya berpengaruh signifikan terhadap pengaturan diri dan motivasi. Dan memiliki peran sebagai variabel quasi moderator hanya terhadap motivasi. Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi ke universitas dalam rangka untuk menyusun kurikulum dan dapat memberikan masukan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kecerdasan emosional dan kepercayaan dir