Penerimaan Internet Banking: Technology Acceptance Model Yang Dimodifikasi

Main Author: Anggraini, RosalinaYuri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/106205/1/051203058.pdf
http://repository.ub.ac.id/106205/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi sikap dan minat untuk menggunakan layanan internet banking dengan menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis pada tahun 1989. Penelitian ini dilakukan di Kota Malang. Penelitian ini memperoleh respon sebanyak 73 orang yang pernah menggunakan internet banking. Peneliti menggunakan teknik regresi linier berganda untuk menguji data penelitian dengan software SmartPLS. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa konstruk sikap berpengaruh terhadap minat untuk menggunakan layanan internet banking, serta konstruk kepercayaan berpengaruh terhadap sikap untuk menggunakan layanan internet banking. Sedangkan konstruk persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan serta persepsi keamanan Web tidak berpengaruh terhadap sikap digunakannya layanan internet banking. Hal ini berarti bahwa minat untuk menggunakan layanan internet banking dipengaruhi oleh sikap, serta variabel sikap dipengaruhi oleh persepsi kepercayaan. Implikasi dari penelitian in relevan bagi pihak managemen bank dan analis internet banking agar memperhatikan kembali faktor sikap dan kepercayaan dalam menerapkan dan mengembangkan transaksi internet banking pada sistem perbankannya.