Teaching Reading Techniques at SMA Wali Songo Probolinggo
Main Author: | Alfianita, Irana Yuli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/1062/1/Irana%20Yuli%C2%A0Alfianita.pdf http://repository.ub.ac.id/1062/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini antara lain, peneliti ingin mengetahui bagaimana guru mengahadapi atau menyelesaikan permasalahan siswa dalam keterampilan membaca dengan menggunakan teknik tertentu dan alasan kenapa guru menggunakan teknik di pengajaran pemahaman membaca untuk siswa kelas XI di SMA Wali Songo Probolinggo. Di dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian descriptive qualitative. Dalam melaksanakan penelitian, peneliti mengoleksi data dengan melakukan wawancara terhadap guru bahasa Inggris, mengobservasi proses belajar mengajar di dalam kelas, dan membuat catatan lapangan. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris di SMA Wali Songo Probolinggo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik mengajar guru di dalam pemahaman membaca adalah think-aloud, translating dan question answer relationship. Guru menggunakan think-aloud untuk membantu siswa agar lebih mudah memahami teks bacaan. Selain itu, guru juga menggunakan translating untuk membantu siswa dalam memahami kosakata yang sulit. Teknik terakhir adalah QARs untuk membangun pengetahuan siswa, untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi, dan untuk membuat siswa menjadi lebih aktif.