Analisis Lingkungan Studi Kasus Perumusan Strategi Utama Pada Pt. Bank Jatim Cabang Probolinggo

Main Author: Nilakandi, Anandayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/106181/1/051203032.pdf
http://repository.ub.ac.id/106181/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana peran manajemen strategik di dalam menghadapi persaingan pada PT. Bank Jatim Cabang Probolinggo. Dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Alat analisis yang digunakan meliputi matrik EFE, matrik IFE, matrik SWOT, matrik IE dan QSPM. Dalam menganalisis lingkungan eksternal dan internal berdasarkan informasi yang diperoleh secara langsung maupun tidak langsung, ditunjang dengan wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi utama PT. Bank Jatim Cabang Probolinggo berdasarkan analisis terhadap lingkungan eksternal dan internal dari PT. Bank Jatim Cabang Probolinggo, dan apakah strategi yang dipilih dapat diimplementasikan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh PT. Bank Jatim Cabang Probolinggo. Hasil analisis matrik EFE dan matrik IFE menunjukkan respon PT. Bank Jatim Cabang Probolinggo terhadap lingkungan bisnisnya adalah di atas rata. Artinya, perusahaan telah mampu memanfaatkan peluang dan mengantisipasi ancaman yang muncul dari lingkungan sekitarnya, dan PT. Bank Jatim Cabang Probolinggo dapat memanfaatkan kekuatan yang dimiliki untuk meminimalkan kelemahan yang ada. Tahap selanjutnya adalah tahap pencocokan untuk memunculkan alternatif strategi perusahaan melalui matrik SWOT dan matrik IE. Dari ketiga matrik tersebut didapatkan hasil berupa tiga alternatif strategi bagi PT. Bank Jatim Cabang Probolinggo yaitu meliputi strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan pasar dan strategi pengembangan produk. Selanjutnya pada tahap akhir yaitu tahap keputusan untuk merumuskan strategi utama melalui pemilihan alternatif strategi yang cocok bagi perusahaan dengan menggunakan QSPM. Dari analisis secara kualitatif pada QSPM, didapatkan bahwa strategi pengembangan produk memiliki nilai daya tarik lebih tinggi dibandingkan kedua alternatif strategi lainnya, maka strategi pengembangan pasar direkomendasikan kepada PT. Bank Jatim Cabang Probolinggo sebagai strategi utama guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh PT. Bank Jatim Cabang Probolinggo.