Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Dan Sikap Pengguna Terhadap Minat Dalam Menggunakan Internet Banking
Main Author: | HRiviaAgustina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/106148/1/051203021.pdf http://repository.ub.ac.id/106148/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji kepercayaan dan faktor-faktor yang memengaruhi minat menggunakan internet banking dengan menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) yang diajukan oleh F.D.Davis (1989). Penelitian dilakukan di Universitas Brawijaya Malang dan memperoleh responden sebanyak 95 orang nasabah yang mengetahui dan menggunakan layanan internet banking dalam kegiatan perbankannya. Pengujian dilakukan dengan menggunakan teknik analisis SEM (Structural Equation Model) dan dapat dilakukan dengan perangkat Partial Least Square (PLS) versi 2.2. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi kegunaan dan sikap berpengaruh terhadap minat penggunaan internet banking. Hal ini berarti bahwa minat penggunaan internet banking dipengaruhi oleh variabel persepsi kegunaan dan sikap pengguna. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi perusahaan perbankan agar memperhatikan persepsi kegunaan dan sikap pengguna dalam menerapkan dan mengembangkan internet banking.