Pengaruh sosialisasi dan kualitas pelayanan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada kpp pratama malang utara

Main Author: Vedhayana, HendyEka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/106141/1/051203014.pdf
http://repository.ub.ac.id/106141/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sosialisasi dan kualitas pelayanan perpajakan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dengan cara penyebaran kuesioner dengan 100 sampel Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Malang Utara. Teknik penentuan sampel menggunakan pemilihan sampel berdasarkan kebetulan (incidental sampling). Data dianalisa menggunakan analisa regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel sosialisasi perpajakan dan kualitas pelayanan perpajakan secara simultan dan parsial mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Secara parsial, sosialisasi perpajakan berpengaruh sebesar 38,9% dan kualitas pelayanan perpajakan berpengaruh sebesar 26,7% terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Sedangkan secara simultan, kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dipengaruhi sebesar 30,3% oleh variabel independen dan sisanya sebesar 69,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar yang diteliti..