Analisis kinerja Badan Usaha Milik Daerah dan kontribusinya terhadap pendapatan asli daerah kota malang (studi kasus perusahaan daerah air minum kota malang)

Main Author: Ardiani, VridaNovalina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/106140/1/JURNALKU_DEWE.pdf
http://repository.ub.ac.id/106140/2/siap_burning1_%21%21%21.pdf
http://repository.ub.ac.id/106140/
Daftar Isi:
  • Penelitian dengan judul Kinerja BUMD dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Malang (Studi Kasus Perusahaan Daerah Air Minum Kota Malang), yang dilaksanakan pada 20 Maret - 15 April 2012. Kepuasaan pelanggan merupakan hal penting bagi perusahaan karena mencerminkan upaya perusahaan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Jika pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan perusahaan maka dapat dikatakan bahwa perusahaan tersebut mampu bersaing di tengah persaingan global. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research atau penelitian penjelasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja BUMD Kota Malang, khususnya PDAM Kota Malang serta kontribusinya terhadap PAD Kota Malang. Penelitian ini mendeskripsikan pengaruh variabel bukti fisik (X1), keandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) terhadap kepuasan pelanggan (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan PDAM Kota Malang sebanyak 100.145 pelanggan. Dengan menggunakan rumus Slovin, jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda yang terdiri dari uji F dan uji t. dalam menganalisis digunakan program SPSS versi 16 for windows. Hasil pengujian yang dilakukan dengan analisis regresi linear berganda dapat diketahui bahwa variabel bebas yang terdiri dari variabel bukti fisik (X1), keandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat kepuasan pelanggan (Y) PDAM Kota Malang. Hal ini ditunjukan dengan nilai sig. F sebesar 0,000 < α = 0,05 sehingga menghasilkan keputusan H0 ditolak dengan Ha diterima. Diketahui juga nilai R square yaitu sebesar 0,505 hal ini menunjukan bahwa kontribusi variabel bebas bukti fisik (X1), keandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) adalah sebesar 50,5% terhadap variabel terikat kepuasan pelanggan (Y) sedangkan sisanya 49,5% dipengaruhi oleh variabel bebas lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Secara parsial yang dapat dilihat dari uji t menunjukan bahwa variabel bukti fisik (X1) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y), variabel keandalan (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y), variabel daya tanggap (X3) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y), variabel jaminan (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y), variabel empati (X5) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y) hal tersebut dapat dilihat dari nilai sig. t = 0,000 < α = 0,05. Dari data yang peneliti peroleh, terlihat bahwa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang telah mampu berkontribusi terhadap PAD Kota Malang, yang dilihat dari terpenuhinya target dari laba PDAM Kota Malang serta dilihat dari kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan PDAM Kota Malang.