Penentu Minat Individu Menggunakan Sistem Penjualan Berbasis Teknologi Informasi

Main Author: Intantri, Rima
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/106124/1/051202997.pdf
http://repository.ub.ac.id/106124/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat individu untuk menggunakan layanan e-commerce dengan menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis pada tahun 1989. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan pengujian hipotesis. Kuesioner yang disebarkan sebanyak 285 kepada mahasiswa yang pernah menggunakan layanan e-commerce. Dari keseluruhan kuisioner tersebut, jumlah yang layak digunakan sebanyak 75 kuesioner. PLS (Partial Least Squares, versi 2.0) digunakan untuk menganalisis pengukuran dan model struktural. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa variabel pemenuhan pesanan dan ketanggapan berpengaruh terhadap kepercayaan, serta variabel kepercayaan, persepsi kegunaan dan kenyamanan berpengaruh terhadap minat penggunaan layanan e-commerce. Sedangkan variabel privasi dan ketersedian sistem tidak berpengaruh terhadap kepercayaan, serta persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan layanan e-commerce. Hal ini berarti bahwa minat untuk menggunakan layanan e-commerce dipengaruhi oleh kepercayaan, persepsi kegunaan dan kenyamanan, serta variabel kepercayaan dipengaruhi oleh pemenuhan pesanan dan ketanggapan. Implikasi dari penelitian “in relevan” bagi pihak pelaku bisnis online agar memperhatikan kembali faktor pemenuhan pesanan, ketanggapan, kepercayaan, persepsi kegunaan, dan kenyamanan untuk meningkatkan layanan e-commerce.