Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap (X 1 ), norma subjektif (X 2 ) dan persepsi kontrol perilaku (X 3 ) terhadap minat konsumen (Y) membeli melalui grup Blackberry Messenger, baik secara simultan maupun parsial. Digunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui adanya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dengan metode analisa uji F untuk uji simultan dan Uji t untuk uji parsial. Penelitian ini termasuk explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel. Sampel pada penelitian ini adalah 100 responden yang memiliki Blackberry dan bergabung dengan grup yang menjual barang fashion pada aplikasi grup Blackberry Messenger. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling . Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen dengan signifikansi 0.000 dan koefisien determinasi sebesar 0.533 (53%). Sedangkan secara parsial variabel sikap (X 1 ), norma subjektif (X 2 ) dan persepsi kontrol perilaku (X 3 ) berpengaruh terhadap minat konsumen (Y) dengan signifikansi masing-masing variabel sebesar 0.017, 0.001, dan 0.009. Sementara variabel yang berpengaruh dominan terhadap minat konsumen adalah norma subjektif dengan standardized coefficients beta sebesar 0,305. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sikap, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku berpengaruh terhadap minat konsumen membeli barang fashion melalui aplikasi grup Blackberry Messenger baik secara simultan maupun parsial dan variabel norma subjektif (X 2 ) memiliki pengaruh yang dominan terhadap minat konsumen membeli barang fashion.