Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Kesesuaian Terhadap Sikap Pengguna Mobile Banking. mperoleh Derajat Sarjana Ekonomi Dan Bisni

Main Author: Lucky,PutriCaniagy
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/106008/1/051201819.pdf
http://repository.ub.ac.id/106008/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor – faktor yang mempengaruhi sikap pengguna mobile banking dengan mengambil variabel – variabel yang terdapat pada penelitian model TAM ( Technology Acceptance Model ) oleh Davis et al.(1989), dan IDT ( Innovation Diffusion Theory ) yang dikemukakan oleh Rogers (1964). Penelitian ini dilakukan di masyarakat nasabah Bank Mandiri. Penelitian ini memperoleh respon sebanyak 90 orang nasabah Bank Mandiri yang minimal mengetahui layanan mobile banking. Peneliti menggunakan teknik regresi linear berganda dengan software SPSS versi 16 untuk menguji data penelitian. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa secara simultan, variabel persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan kesesuaian secara simultan berpengaruh signifikan terhadap sikap pengguna mobile banking. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa variabel manfaat dan kesesuaian berpengaruh secara signifikan terhadap sikap pengguna mobile banking. Persepsi kemudahan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap sikap pengguna mobile banking. Hal ini berarti bahwa sikap pengguna mobile banking dipengaruhi oleh variabel manfaat dan kesesuaian. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi sektor bisnis khususnya pihak manajemen dan analis sistem mobile banking agar memperhatikan persepsi manfaat dan kesesuaian dalam menerapkan dan mengembangkan transaksi mobile banking.