Pengukuran Efektivitas Iklan Televisi Kartu Seluler AXIS Versi “Joni Blak-Blak” Dengan Pendekatan EPIC Model
Main Author: | Puspitarini, OctavinaPutri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/105968/1/051201575.pdf http://repository.ub.ac.id/105968/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan iklan televisi kartu seluler AXIS versi "Joni Blak-Blak" yang terdiri dari empat dimensi, yaitu: (1) empathy , (2) persuasion , (3) impact , dan (4) communication dengan menggunakan EPIC Model pada masyarakat Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Untuk mengetahui keefektivitasan iklan televisi kartu seluler AXIS versi "Joni Blak-Blak" maka menggunakan analisis tabulasi sederhana dan skor rata-rata. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif-survey. Sesuai dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai yakni mengukur gejala-gejala yang ada tanpa menyelidiki kenapa gejala tersebut ada sehingga tidak perlu memperhitungkan hubungan antar variabel-variabel, karena hanya menggunakan data yang ada untuk pemecahan masalah. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 masyarakat Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probality sampling dan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling . Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan EPIC Model menunjukkan bahwa dimensi Empathy menghasilkan skor komulatif rata-rata 3.73 yang berarti efektif. Dimensi Persuasion , menghasilkan skor kumulatif rata-rata sebesar 3.61 yang masuk dalam rentang efektif. Dimensi Impact, menghasilkan skor kumulatif rata-rata sebesar 3.77 yang masuk dalam rentang skala efektif. Dimensi Communication, menghasilkan skor kumulatif rata-rata sebesar 3,75 yang berarti efektif . Variabel yang paling besar diantara Emphaty, Persuasion, Impact, Communication . adalah dimensi Impact (dampak) yakni sebesar 3,77. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan dimensi Empathy , Persuasion , Impact , dan Communication masuk dalam rentang efektif berdasar pada perhitungan dari skor kumulatif rata-rata dan dari skala dalam EPIC Model.