Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusankonsumen Dalam Pembelian Produk Minuman Pocari Sweat Pada Pt. Amerta Indah Otsuka (Studi Pada Pelanggan Lapangan Futsal Soccer Zone Malang)
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan pengaruh secara parsial antara variabel atribut produk dengan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksplanatori, dimana penelitian ini dirancang untuk menjelaskan hubungan kausal yang terjadi antara variabel-variabel atribut produk minuman Pocari Sweat dengan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini terdiri dari empat variabel bebas (X) yaitu variabel merek (X1), variabel mutu produk (X2), variabel kemasan (X3), dan variabel label (X4), dan satu variabel terikat yaitu variabel keputusan pembelian konsumen (Y). Untuk menentukan jumlah responden, peneliti menggunakan Fraenkel dan Wallen dalam Widayat (2002:67) dengan jumlah 100 responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda, uji F, dan uji t. Dari hasil regresi berganda, uji F, dan uji t dapat diketahui bahwa keempat variabel yaitu yaitu variabel merek (X1), variabel mutu produk (X2), dan variabel label (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian k onsumen. Sedangkan variabel kemasan (X3) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Dari hasil analisis, diketahui bahwa variabel mutu produk (X2) merupakan variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pemebelian konsumen. Berdasarkan penelitian ini diketahui variabel keputusan pembelian konsumen (Y) dijelaskan oleh variabel atribut produk yang terdiri dari yaitu merek (X1), mutu produk (X2), kemasan (X3), dan label (X4) sebesar 50,7 %, sedangkan sisanya 49,3 %, dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel bebas yang diteliti.