Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jatim Park 2 Kota Batu
Main Author: | Septianto, KurniaTri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/105845/1/051203378.pdf http://repository.ub.ac.id/105845/ |
Daftar Isi:
- Pariwisata merupakan salah satu industri strategis di dunia, peranan pariwisata dalam memajukan perekonomian negara sangatlah besar. Hal ini yang menyebabkan sebagian negara-negara yang ada di dunia mendapatkan devisa dari sektor kepariwisataan mereka. Diantara pariwisata umum yang dimiliki kota Batu, terdapat salah satunya Jawa Timur Park 2 Batu. Jatim Park 2 Kota Batu selalu melakukan inovasi dalam meningkatkan kepuasan konsumen. Peningkatan kualitas pelayanan tersebut dilakukan dengan mengoptimalkan dimensi kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Jatim Park 2 Kota Batu yang dimana dimensi kualitas pelayanan tersebut terdiri dari Tangibles, Reliability, Responsiveness, Security, Access, Communication, Understanding the Customers, dan mengetahui dimensi kualitas pelayanan yang paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen Jatim Park 2 Kota Batu. Diharapkan informasi yang diperoleh dapat digunakan oleh pihak manajemen Jatim Park 2 untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen sehingga menjadi sumber keunggulan daya saing bagi perusahaan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah library research, Field Research (kuesioner dan wawancara). Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Jatim Park 2 Kota Batu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Purposive Sampling. Penentuan jumlah responden berdasarkan pendapat Roscoe yaitu sampel diambil lebih besar dari 30 dan lebih kecil dari 500 responden. Disamping itu, untuk penelitian multivariat (termasuk analisis regresi berganda) ukuran sampel sebaiknya beberapa kali (lebih disukai 10 kali atau lebih) lebih besar dari jumlah variabel dalam studi. Oleh karena itu, sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil pengujian regresi linear berganda menunjukkan bahwa dengan uji F diperoleh bahwa variabel dimensi kualitas pelayanan (X) secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y). Sedangkan pada pengujian dengan uji t dapat diketahui bahwa variabel keamanan (Security), komunikasi (Communication) secara parsial berpengaruh signifikan dengan kepuasan konsumen, sedangkan variabel berwujud (Tangibles), kehandalan (Reliability), daya tanggap (Responsiveness), kemudahan (Access), pemahaman konsumen (Understanding the Customers) berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Variabel dimensi kualitas pelayanan yang dominan mempengaruhi kepuasan konsumen adalah variabel keamanan (Security), dimana variabel tersebut memiliki nilai koefisien standardized (Beta) tertinggi dibandingkan dengan variabel independen lainnya.