Pengaruh Bauran Pemasaran Yang Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Venera di Kota Malang
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengambil judul tentang Pemgaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Venera. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan tempat terhadap keputusan pembelian handphone Venera secara simultan dan parsial dan juga untuk mengetahui dari keempat variabel bauran pemasaran yang berpengaruh dominan. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory . Penelitian ini mengambil lokasi di Kota Malang. Pengambilan sampel yaitu dengan non-random sampling – purposive sampling yaitu peneliti mengambil subyek subyek atau siapa-siapa yang memenuhi ciri-ciri yang sudah ditentukan terlebih dahulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu dengan wawancara dan kuesioner dengan menggunakan skala likert . Data dari jawaban responden dianalisis menggunakan analisis Regresi linear berganda, uji-t, uji-F dan interpretasi koefisien R2 Hasil analisa menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran memiliki pengaruh secara simultan, F hitung sebesar 96.721 dengan signifikansi (0,000<a) dan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian handphone Venera. Diketahui bahwa variabel produk memiliki pengaruh dominan dibandingkan variabel bebas yang lain dengan tingkat signifikansi 0,000 dengan nilai koefisien beta 0.462. Selain itu, secara keseluruhan variabel bebas yaitu produk, harga, promosi dan tempat memiliki kontribusi terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian sebesar 83,8%. Sisanya dijabarkan oleh variabel lain di luar dari empat variabel bebas yang telah diteliti. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan dalam strategi pemasaran, dan sebaiknya perusahaan menjaga dan meningkatkan strategi pemasarannya yaitu bauran pemasaran agar selalu mempunyai produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar, sehingga mempengaruhi keputusan pembelian handphone Venera.